23.5.15

Sekilas Mengenal Bali

Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia, yang juga merupakan nama pulau terbesar provinsi tersebut, terletak diantara pulau Jawa dan pulau Lombok.

Selain pulau Bali, Provinsi Bali yang mempunyai luas 5.634,40 ha dengan panjang pantai mencapai 529 km tersebut, juga mempunyai 84 pulau lain.

Dari total 85 pulau yang ada, baru 24 pulau yang sudah mempunyai nama, sedangkan 61 pulau-pulau kecil lainnya belum mempunyai nama.

Beberapa pulau yang cukup dikenal diantaranya adalah Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, dan Pulau Nusa Ceningan di wilayah Kabupaten Klungkung, Pulau Serangan di wilayah Kota Denpasar, dan Pulau Menjangan di Kabupaten Buleleng.

Kota Denpasar yang terletak dibagian selatan pulau, merupakan ibukota provinsi Bali.

Pulau yang mayoritas penduduknya beragama Hindu ini, dengan sebutan pulau dewata, atau pulau seribu pura.
Tari pendet yang menjadi salah satu daya tarik wisata bali
img : id.wikipedia.org

Karena keindahan alam luar biasa, terutama pemandangan pantainya, serta seni budayanya yang unik dan menarik, membuat Bali menjadi salah satu tujuan wisata yang terkenal sampai ke manca negara.
Sebagaimana penduduk Indonesia lainnya, bahasa daerah (bahasa Bali) dan bahasa Indonesia, merupakan bahasa yang banyak digunakan penduduk Bali.

Seringnya berinteraksi dengan wisatawan luar negeri, membuat bahasa Inggris juga menjadi bahasa yang banyak digunakan sebagian penduduk, walaupun pengucapannya tetap menggunakan dialek setempat.

Bali tidak terdapat  jaringan rel kereta api, namun jaringan jalan yang ada di pulau ini tersedia dengan baik khususnya ke daerah-daerah tujuan wisatawan yakni Legian, Kuta, Sanur, Nusa Dua, Ubud, dll.

Transportasi umum biasanya menggunakan bis yang melayani antar pedesaan, antar kota maupun antar provinsi. Sedangkan untuk transportasi dalam kota, bisa menggunakan dokar (delman), ojek, taksi, komotra (bus yang melayani perjalanan ke kawasan pantai Kuta dan sekitarnya) serta Bus Trans Sarbagita ( Koridor 1, dengan rute Kota - (GWK)  Garuda Wisnu Kencana) Dan (Koridor 2 dengan rute Nusa Dua - Batubulan)
.
Transportasi udara dilayani oleh Bandara Internasional Ngurah Rai dengan rute tujuan ke sejumlah kota besar di Indonesia, Australia, Singapura, Malaysia, Thailand, Timor Leste,RRC serta Jepang.   
Untuk transportasi laut, Bali terhubung dengan pulau Jawa dengan layanan kapal feri yang menghubungkan Pelabuhan Gilimanuk di kabupaten Jembrana (Bali) dengan Pelabuhan Ketapang di Kabupaten Banyuwangi (Jawa Timur).

Sedangkan untuk penyeberangan menuju Pulau Lombok, melalui Pelabuhan Padangbai (Bali) menuju Pelabuhan Lembar (Nusa Tenggara Barat) menggunakan kapal feri, dengan waktu perjalanan sekitar empat sampai lima jam.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar